Atlet-atlet dengan Bayaran Tertinggi di Dunia

Hi hi Sahabat iggli gimana nih kabarnya? Sehat-sehat ya! oh iya, Sahabat iggli bicara soal kesehatan kalian suka ngga sih olahraga? olahraga itu ngga ngebutuhin biaya gede loh malah bisa dibilang gratis huehuehue. Tapi kalau si penulis sendiri sih paling males olahraga, olahraga kalau-kalau ada yang ngajak, itu juga kadang mau kadang ngga :3.
Sekarang penulis pengen ngebahas "Atlet-atlet dengan Bayaran Tertinggi di Dunia". Udah sehat tambah dapet duit beh enak banget. Industri olahraga sudah berperan berbeda dan setiap atlet cabang manapun bisa kaya raya. Di mana atlet dengan bayaran tertinggi itu berkiprah, maka industri di cabang olahraga yang digelutinya pun akan sangat laku di pasaran. Nah, siapa saja sih daftar atlet dengan bayaran tertinggi lainnya. Berikut adalah daftarnya:


1. Floyd Mayweather Jr. (Tinju)





Tak salah jika Floyd Mayweather Jr. menjuluki dirinya sendiri dengan panggilan “Money”. Forbes masih belum menggeser namanya dari pemuncak daftar atlet terkaya di dunia. Sudah tiga kali dalam empat tahun terakhir dia mampu menjadi yang terkaya dibandingkan seluruh atlet lainnya di seluruh dunia. 
Dia baru saja dibayar lebih dari 200 juta US Dollar atau sekitar Rp 2,65 triliun dari penampilan bersejarahnya melawan Manny Pacquiao, 2 Mei 2015 lalu. Dari penampilannya sepanjang tahun 2014, Mayweather mengantongi pendapatan 420 juta US Dollar (Rp 5,58 triliun). Dalam 12 bulan terakhir (Juni 2014 – Juni 2015) dia bisa menghasilkan bayaran sebesar 285 juta Dollar AS (Rp 3,78 triliun).
Tak hanya berhenti dari hitungan duit yang datang dari atas ring. Dari kontrak kerja sama dengan beberapa produk, Mayweather bisa menghasilkan total 15 juta Dollar AS (Rp 199 miliar) . Mayweather sudah pensiun pada sa’at  September 2015 lalu. Mungkin saja rencananya menjadi promotor tinju tak bakal menyurutkan kekayaannya. Yang jelas, Mayweather pasti engga julukan ‘Money’ terlepas darinya.

2. Manny Pacquiao (Tinju)



Setelah tahun lalu hanya menempati peringkat ke-11, petinju asal Filipina itu langsung melesat ke bawah peringkat Mayweather. Pertarungan senilai 600 juta Dollar (Rp 7,97 triliun) di antara keduanya memang membuat Pacman jauh lebih kaya.
Uang bayaran sebanyak 125 juta Dollar AS (Rp 1,66 triliun) yang diterima petinju berjulukan PacMan ini empat kali lipat besarnya dari bayaran-bayaran yang pernah diterimanya selama ini. Pacman masih bisa melesatkan kekayaannya dari penampilannya di atas ring tinju. 

3. Cristiano Ronaldo (Sepak Bola)


Siapa sih yang ngga kenal pemain sepak bola yang satu ini, yang paling akrab dengan panggilan "CR7". Setelah tinju, sepak bola yang kemudian menawarkan kekayaan untuk atletnya. CR7 menjadi bukti betapa olahraga yang digelutinya kini begitu menjanjikan. Dia menghasilkan pendapatan tahunnya sekitar 79,6 juta Dollar AS atau setara Rp1,057 triliun. Gaji dan bonus dari klub Real Madrid sepanjang tahun bisa mencapai 52,6 juta Dollar AS (Rp 698 miliar)

4. Leonel Messi (Sepak Bola)



Tambahan nilai kontrak sebesar 9 juta Dollar AS per tahun dari Barcelona membawa Lionel Messi menduduki peringkat empat atlet termahal di dunia. Gaji dan bonus yang diterimanya pun kini tak jauh berbeda dengan sang rival, CR7. Bintang sepak bola yang pada 24 Juni kemarin baru berulang tahun ke-28 ini, setiap tahunnya bisa mengantongi 50 juta Dollar AS (Rp 664 miliar). Sejumlah kontrak kerja sama dengan berbagai brand ternama seperti misalnya Adidas, PepsiCo, Electronic Arts, Turkish Airlines, Gillette, Audemars Piguet, menambah setidaknya 22 juta Dollar AS ke dalam rekening tabungan Messi.

5. Roger Federer (Tenis)



Mewakili para atlet tenis dunia, Roger Federer menduduki peringkat ke-5 dengan pendapatan tahunan yang mencapai 67 juta Dollar AS (Rp 890 miliar). Penghasilannya dari memukul bola di lapangan memang tidak seberapa.Dari hadiah-hadiah turnamen, dia dapat mengumpulkan 9 juta Dollar AS saja atau sekitar Rp 119 miliar.
Kebangkitannya kembali ke peringkat dua dunia pada tahun 2014 lalu membuatnya tetap menjanjikan sebagai endorser. Kontrak kerja sama dengan Nike, Rolex, Credit Suisse, Sunrise, serta Mercedes-Benz berlangsung dalam jangka panjang dan bisa menambah pundi-pundi tahunannya sampai dengan 58 juta Dollar AS (Rp 770 miliar)

6. LeBron James (Basket)



LeBron James menjadi yang atlet terkaya ke-6 dengan pendapatan tahunan sebesar 64.8 juta Dollar AS (Rp 860 miliar). James menjadi satu-satunya atlet NBA yang sukses tampil di babak final lima kali berturut-turut. Dia sukses membawa klub lamanya, Cleveland Cavaliers ke final musim 2014/2015 ini. Keputusannya untuk kembali ke Cavaliers pada Juni 2014 ditandai dengan tanda tangan kontrak berdurasi dua tahun senilai 42,1 juta Dollar AS (Rp 559 miliar).
Dia sedikit melakukan trik dalam penandatanganan kontrak ini. Alih-alih memilih tawaran kontrak empat tahun yang lebih tinggi, James lebih memilih kontraknya berakhir dulu saja di tahun 2016. Pada masa itu ia ingin melihat kembali pasarannya karena NBA berencana memperbarui kontrak televise senilai 24 juta Dollar AS. Kemungkinan ini bisa melesatnya nilai kontraknya.
Pundi kekayaan James juga lebih banyak didapat dari perannya sebagai endorser beragam jenis produk. Sebut saja Kia Motors, Nike, McDonald’s, Coca-Cola, Samsung, Beats by Dre, Upper Deck, Tencent, dan Audemars Piguet. Sepatu Nike yang didesain khusus bertema dirinya menjadi yang paling laku dibanding pebasket NBA lainnya. Penjualannya mencapai 340 juta Dollar AS pada tahun 2014 lalu.

7. Kevin Durant (Basket)



Pendapatan tahunan Kevin Durant melesat sangat jauh pada tahun ini, totalnya mencapai 54,1 juta Dollar AS (Rp 718 miliar). Ia merebut trofi MVP pertamanya setelah memimpin Oklahoma City Thunder mencatatkan rekor kedua terbaik di NBA. Musim 2015/2016 mendatang akan menjadi musim terakhirnya bersama Thunder dalam kontrak senilai 85 juta Dollar AS (Rp 1,129 triliun) yang ditekennya sejak tahun 2010 silam.
Pencetak angka tertinggi NBA sebanyak empat kali ini menjadi atlet pertama yang bergabung dengan Roc Nation Sports, sebuah perusahaan manajemen atlet, pada 2013. Di tahun 2014, Durant meneken kontrak luar biasa dengan Nike, nilainya bisa mencapai 300 juta dollar AS, termasuk royalti. Ini merupakan nilai paling tinggi yang bisa didapat atlet sebagai seorang endorser.

8. Phil Mickelson (Golf)



Mickelson meraup kekayaan dari perannya sebagai endorser untuk Callaway, Barclays, KPMG, Exxon Mobil, Rolex, dan Amgen. Jumlah pendapatannya dari peran sebagai endorser ini bisa mencapai 48 juta Dollar AS (Rp 637 miliar). Tak jauh berbeda dari pendapatan tahunannya kali ini yang mencapai 50,8 juta DollarAS (Rp 674 miliar). Ia mendapat bonus besar dari sponsor tahun 2013 lalu setelah menjuarai British Open untuk pertama kalinya. Bonus ini tetap belum seberapa dibandingkan dengan nilai kontrak-kontrak yang sudah ditekennya untuk menjadi endorser.


9. Kobe Bryant (Basket)



Selain Woods, pebasket Kobe Bryant juga tak mampu menambah pundi-pundi kekayaannya. Pada tahun lalu diperkirakan bahwa gajinya yang mencapai $30,5 juta (Rp 405 miliar) per tahun itu lebih banyak $8 juta (Rp 106 miliar) dari pemain NBA manapun, dan kerja sama iklannya mencapai nilai $30 juta (Rp 398 miliar). Kini total pendapatan tahunannya tak bergerak banyak dan hanya bisa mencapai 49,5 juta Dollar AS (Rp 657 miliar).

Terimakasih telah membaca artikel ini. See you next update~

*Sebagai catatan
Endorser = Selebriti sebagai model dalam pengiklanan


Komentar